Oh Dios, Deje que su feliz toda la creación, todas las personas que amo, mis hermanos, mis amigos, y no te olvides de mis padres.

on Kamis, 07 Juli 2011 | 0 C0Mm3nTs
Orang Indonesia mudah sekali terinspirasi oleh orang lain? Tidak percaya ?

Ini adalah fakta, dan bukanlah sebuah rekayasa yang dilebih-lebihkan. Dalam dunia musik saja, banyak orang Indonesia yang terinspirasi baik inspirasi tersebut datang dari luar negeri maupun dalam negeri. Dari luar negeri yang paling dominan tentunya K-Pop. Aliran musik yang tengah menggema di seluruh penjuru bumi itu telah banyak diikuti orang sebagian besar musisi baru Indonesia.

SM*SH, 7 Icon, MAX 5, dan masih banyak lagi grup vocal menganut aliran K-Pop. Sukses juga sudah diraih. Dengan gemilang mereka telah berhasil membuat K-Pop versi Indonesia.

Dari dalam negeri, Peterpan menjadi inspirator paling dominan dalam membuat karya musik berirama indah. Peteran juga menjadi band penggagas repackage untuk menjadi slaah satu alternatif ketika inspirasi tak kunjung keluar dari dalam vikiran. Namun, repackage merupakan suatu hal yang sangat sulit dan tak jarang hasil repackage sangat tidak memuaskan dan membuat pamor artis / musisi bersangkutan turus drastis.

Banyak band / musisi pendatang baru yang mengikuti jejak
Peterpan dalam melakukan repackage, antara lain tiket, SM*SH, dan masih banyak lagi. Tidak hanya repakcage, irama dan sentuhan aransemen ala Peterpan juga sering menjadi inspirasi artis lain untuk membuat karya. Tidak heran jikalau Peterpan menjadi inspirasi bagi banyak orang dalam hal aransemen dan genre musik, Peterpan pernah mendapat gelar sebagai musisi / band dengan aransemen lagu terbaik. ( Band / musisi yang terinspirasi oleh sentuhan tangan Peterpan akan diulas dalam posting-posting yang akan terbit selanjutnya ).

Terinspirasi adalah satu hal yang wajar, bahkan keputusan saya membuat blog ini juga karena terinspirasi kakak kelas saya yang mendapat banyak ilmu dari membuat blog. Namun tidak selayaknya, terinspirasi menjadikan kita sebagai seorang plagiator ( peniru ). Inspirasi yang kita dapatkan sebaiknya kita olah dengan baik dan mebuat inspirasi tersebut sebagai sebuah ide yang matang agar hasil yang kita harapkan dapat tercapai.

K-Pop yang sedang menggema di seluruh penjuru dunia juga harus kita sikapi dengan bijak. Boleh saja kita terinspirasi dan ikut bergabung dalam gunia K-Pop yang tengah populer, tetapi buatlah K-Pop yang benar-benar menunjukkan jati diri kita sebagai orang Indonesia. Lagi pula K-Pop juga tidak harus dibawakan oleh grup vokal dengan aransemen musik semi disko, K-Pop juga bisa dibawakan oleh satu orang vokalis dan aransemen lagu yang biasa saja namun ceria.

Sudah banyak musisi yang mengeluarkan lagu-lagu berirama ceria namun bukan K-Pop. Dengan sedikit efek suara dan beberapa tambahan pada lagu tersebut sudah menunjukkan sentuhan K-Pop dalam lagu tersebut. Jadi K-Pop bukanlah suatu hal yang bersifat paten dan harus dinyanyikan oleh grup vokal.

Jikalau ingin menunjukkan Indonesia yang sebenarnya, buat saja sebuah grup band dan buatlah lagu dengan tema K-Pop versi Anda sendiri, saya rasa hal ini jauh lebih fair dan mampu membawa hasil yang lebih memuaskan walaupun lebih sulit.

"Tidak ada satupun di dunia ini yang dapat diperoleh dengan mudah, dan perjuangan yang lebih berat merupakan konsekuensi dari keinginan yang tinggi. Dan beratnya kehidupan tidak selalu berada di otor, beratnya kehidupan di dalam otak manusia bisa beribu kali lebih berat dari pada beratnya hidup dalam otot." (L4thii3f i7 ad4, 7 Juli 2011)

Related Posts by Categories



0 C0Mm3nTs:

Posting Komentar