Oh Dios, Deje que su feliz toda la creación, todas las personas que amo, mis hermanos, mis amigos, y no te olvides de mis padres.

on Selasa, 26 Juli 2011 | 0 C0Mm3nTs
Lagu atau musik sudah hampir tidak pernah berhenti terdengar di telinga. Hampir di setiap tempat kita selalu mendengarkan musik atau lagu.

Lagu yang kita dengar pada umumnya merupakan lagu-lagu merdu, indah, dan memukau milik artis ternama maupun grup band indie yang masih berusaha menembus industri musik nasional maupun internasional. Sering juga lagu yang diperdengarkan merupakan lagu-lagu rock dengan irama keras yang menyesakkan telinga bagi sebagian orang.

Lagu, sebenarnya adalah susunan nada-nada yang menimbulkan kesan bagi pendengarnya. Jadi susunan nada sudah bisa disebut lagu bila susunan nada tersebut mampu membuat pendengarnya ingin mendengar susunan nada itu lagi.

Proses pembuatan lagu
bukan hal yang bisa dilakukan dengan asal-asalan. Diperlukan perencanaan yang matang akan konsep dan tema lagu, selain itu diperlukan sentuhan kreatif yang membuat lagu tersebut memiliki warnanya sendiri.

Lirik merupakan hal yang pertama kali harus dibuat. Lirik bisa dibilang sebagai janin atau embrio lagu. Ketika suatu lirik tidak memiliki alur yang jelas atau memiliki kualitas yang tidak baik lagu tersebut juga tidak akan menjadi sebuah lagu yang baik. Pembuatan lirik sangat sulit, oleh karena itu banyak penyanyi yang menyerahkan lirik lagu mereka pada pembuat lirik lagu.

Arrangement atau aransemen, yang merupakan susunan komposisi alat musik pengiring lirik menjadi hal kedua yang harus dikerjakan. Arrangement ini biasanya mulai disusun ketika nada untuk lirik ditetapkan. Penyusunan Arrangement biasanya dimulai dari gitar, melodi yang bisa dibilang sebagai salah satu jalan termudah dalam menyusun arrangement.

Ketika penyusunan arrangement dilakukan, terkadang susunan nada dirubah untuk menyesuaikan dengan arrangement terbaik yang bisa disusun. Susunan nada bisa berubah seratus delapan puluh derajat bila ternyata susunan nada awal tidak sesuai nada suara penyanyi.

Penyusunan lagu mulai dari penentuan nada, hingga arrangement membutuhkan waktu yang cukup lama. Tidak hanya karena tingkat kesulitannya, melainkan juga karena faktor mood yang akan sangat berpengaruh pada hasil arrangement.

Kreatifitas juga menjadi suatu hal yang akan menentukan lagu tersebut akan memiliki warna spesial atau tidak. Semakin kreatif seorang pembuat lagu, maka lagu hasil karyanya juga akan sekretaif pembuatnya yang ditandai dengan arrangement dan nada-nada lagu yang tidak pada umumnya dipakai namun hasilnya sangat memuaskan.

Ternyata membuat lagu sangat sulit, oleh karena itu sebaiknya kita menghargai seorang pembuat lagu lebih dari lagu ciptaannya.

Related Posts by Categories



0 C0Mm3nTs:

Posting Komentar