Oh Dios, Deje que su feliz toda la creación, todas las personas que amo, mis hermanos, mis amigos, y no te olvides de mis padres.

on Senin, 27 Juni 2011 | 0 C0Mm3nTs
Gambar Kulit
Kulit adalah organ yang menutupi seluruh permukaan tubuh yang tebalnya hanya beberapa milimeter. Namun ternyata kulit terdiri dari begitu banyak bagian yang memiliki fungsi yang sangat penting.

Secara garis besar, kulit tersusun atas 3 lapisan yaitu: epidermis, dermis, dan Jaringan bawah kulit.

  1. Kulit Ari (Epidermis)\
    Epidermis tersusun atas 3 lapisan, yaitu lapisan tanduk (stratum korneum), lapisan granula (stratum granulosum), dan stratum germinativum. Lapisan tanduk ada pada bagian paling luar dan merupakan jaringan sel mati berbentuk pipih. Lapisan sering mengelupas, berfungsi untuk melindungi jaringan sel di bawahnya serta mencegah masuknya bakteri dan kuman.

    Lapisan granula (stratum granulosum) berada di bawah lapisan kulit tanduk yang tersusun oleh sel-sel bergranula yang akan terdorong ke atas yang akhirnya mati dan menjadi bagian dari lapisan kulit tanduk.

    Stratum germinativum terdiri atas dua bagian, bagian atas
    terdiri atas sel-sel yang baru terbentuk. Lapisan bawah Stratum granulosum terdiri atas sel-sel yang terus membelah, sehingga mendorong lapisan Stratum granulosum bagian atas hingga akhirnya menjadi bagian dari lapisan granula.

  2. Dermis (Kulit Jangat)
    Terdapat di antara kulit ari (epidermis) dan stratum granulosum. Terdapat pembuluh darah, kelenjar keringat, kelenjar minyak, kantung rambut serta ujung-ujung saraf indra. Saraf-saraf indera terdiri atas korpuskula krausse (dingin), korpuskula paccini (tekanan), korpuskula ruffinin (panas), korpuskula meissner (sentuhan).

    Kelenjar minyak menghasilkan sebum yang berfungsi untuk meminyaki rambut agar tidak kering.
    Kelenjar keringat berbentuk pipa terpilin, memanjang dari epidermis hingga masuk ke dalam lapisan dermis. 

    Kelenjar keringat dikelilingi oleh kapiler darah dan serabut saraf simpatik. Kelenjar keringat menyerap cairan jaringan yang dibawa oleh kapiler darah yang mengelilinginya dan kemudian dikeluarkan ke luar tubuh sebagai keringat. Cairan jaringan tersebut terdiri atas air, larutan garam, dan urea.
  3. Jaringan bawah kulit
    Pada Jaringan bawah kulit terdapat jaringan lemak (adiposa) yang berfungsi untuk menimbun lemak sebagai cadangan makanan dan menjaga agar tubuh tetap hangat.

Related Posts by Categories



0 C0Mm3nTs:

Posting Komentar