Oh Dios, Deje que su feliz toda la creación, todas las personas que amo, mis hermanos, mis amigos, y no te olvides de mis padres.

on Sabtu, 30 Juli 2011 | 0 C0Mm3nTs
Jantung adalah organ dalam tubuh yang memompa darah agar bisa mengalir ke seluruh tubuh. Jantung disusun oleh otot dan pembuluh darah tetapi tidak memiliki rangka.

Jantung memiliki susuna otot yang sempurna dan kerja otot yang sistematis. Sehingga meskipun jantung tidak memiliki rangka, jantung telah memiliki tenaga yang cukup untuk dapat membuat terus mengalir ke seluruh tubuh tanpa henti. Bahkan karena tidak adanya rangka tersebut, kinerja jantung menjadi semakin efektif dan efisien.

Jantung terdiri atas empat ruang yang dibedakan menjadi dua macam yaitu serambi jantung dan bilik jantung. Serambi jantung terdiri dari serambi kiri dan serambi kanan. Bilik jantung juga terdiri atas bilik kiri dan bilik kanan. Di antara belahan kiri dan kanan jantung terdapat sekat yang mencegah terjadinya pencampuran darah bersih dengan darah kotor. Di antara bilik jantung dan serambi jantung terdapat sekat dengan katup yang berfungsi untuk mengatur aliran darah dari serambi jantung menuju bilik jantung.

Pembuluh darah nadi terbesar dalam tubuh juga berada di jantung yang sering disebut dengan nama "Aorta". Aorta langsung bercabang ketika keluar dari jantung. Aorta memiliki ukuran yang sangat besar agar darah bisa lebih mudah mengalir.

Di jantung
juga terdapat pembuluh darah kapiler yang fungsiny adalah untuk mengalirkan darah menuju sel-sel otot jantung. Pembuluh kapiler jantung memiliki ukuran yang sangat kecil sehingga sangat mudah tersumbat. Bila pembuluh darah kapiler jantung tersumbat, hal ini akan menyebabkan penyakir jantung koroner.

Penjelasan lengkap mengenai penyakit yang menyerang jantung dapat dibaca di "Daftar Penyakit Jantung dan Penjelasannya".

Related Posts by Categories



0 C0Mm3nTs:

Posting Komentar