Oh Dios, Deje que su feliz toda la creación, todas las personas que amo, mis hermanos, mis amigos, y no te olvides de mis padres.

on Rabu, 10 November 2010 | 3 C0Mm3nTs
Application Launcher merupakan sebuah apliksi yang digunakan untuk menampilkan pilihan program yang dapat dijalankan oleh package software yang kita gunakan. Application Launcher bisa jadi merupakan bagian yang cukup berguna jika kita merancang sebuah aplikasi Data Base, karena dengan demikian kita bisa menggunakan satu  package aplikasi ke banyak komputer di bagian yang berbeda.

Misalkan, kita memiliki satu package aplikasi yang berisi dua buah aplikasi berbeda yang digunakan oleh sebuah perusahaan dengan dua bidang. Sebuah package aplikasi ini bisa digunakan untuk kedua bidang tersebut hanya dengan memilih aplikasi di Application Launcher.

Application Launcher akan sangat berguna bila, kita sedang berada dalam keadaan yang memerlukan kinerja cepat. Kita bisa membuka dan beralih dari satu aplikasi ke aplikasi yang lain dengan mudahnya tanpa harus repot-repot menutup dan membuka aplikasi yang kita butuhkan.

Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat Application Launcher sederhana menggunakan Visual Basic. Yang kita butuhkan pertama kali adalah 2 atau beberapa aplikasi yang akan kita masukkan ke dalam daftar aplikasi yang akan bisa dijalankan oleh Application Launcher yang kita buat. Sebagai contoh kita akan menggunakan aplikasi Rumus Matematika dan Konversi Suhu yang telah kita pelajari sebelumnya.

Kita buat project baru, kemudian kita masukkan form Rumus Matematika dan Konversi Suhu ke dalam project baru tersebut. Langkah selanjutnya kita tambah form ke tiga, melalui ­Project – Add Form. Kita namakan form baru ini menjadi “pilihan”. Untuk lebih menyempurnakan kita ubah title / caption form tersebut menjadi “App Selector” ataupun sesuai keinginan anda.
Aturlah desain form tersebut sesuai keinginan kita. Misalkan kita ubdah desain form tersebut menjadi seperti berikut:

Untuk sementara waktu,
kita akan menghiraukan terlebih dahulu tombol “about”. Kita akan membahas mengenai tombol tersebut setelah bahasan mengenai bagian ini selesai.
Sebenarnya script untuk dapat membuat Application Launcher ini dapat berfungsi. Script itu sendiri hanya sekitar 10 baris, dan bukan merupakan script yang panjang. Berikut ini adalah script untuk dapat membuat Application Launcher tersebut dapat berfungsi dengan baik:









Selanjutnya kita akan membahas mengenai tombol About yang sebelumnya sama sekali tidak kita anggap. Untuk dapat menampilkan fungsi “about” sendiri kita hanya perlu melakukan langkah yang sebenarnya juga cukup mudah. Yang perlu kita siapkan sebelum kita menyusun script nya adalah sebuah form baru yang kita tambahkan ke dalam project kita saat ini. Misalkan kita akan membuat tampilan jendela about seperti berikut ini:

Untuk tombol exit, kita hanya menggunakan perintah klasik dalam VB untuk menghentikan proses aplikasi tersebut yaitu “end”, tetapi untuk tombol “Oce” kita harus sedikit bersabar karena meski rumusnya mudah kita harus sangat teliti, hal ini dikarenakan kita harus menggunakan script IF yang begitu banyak untuk dapat membuat fungsi About ini tidak membuat masalah. Seandainya kita hanya sedikit form dalam pembuatan aplikasi maka script tidaklah begitu sulit, namun jika kita memiliki banyak form yang dapat memunculkan jendela About, hal ini akan banyak menyita ketelitian kita karena kita harus menuliskan script IF yang sama banyaknya dengan dengan jumlah form tersebut. Karena kita saat ini hanya memiliki tiga form yang semuanya bisa menampilkan jendela About, maka kita memerlukan tiga buah script IF seperti berikut:
Private Sub Oce_Click()
If MTK.Enabled = False Then
About.Hide
MTK.Enabled = True
MTK.Show
End If

If KonvT.Enabled = False Then
About.Hide
KonvT.Enabled = True
End If

If Pilihan.Enabled = False Then
About.Hide
Pilihan.Enabled = True
End If

Dengan demikian selesailah proses pembuatan Application Launcher. Semoga artikel ini bisa membantu Anda.

Related Posts by Categories



3 C0Mm3nTs:

Anonim mengatakan...

numpang baca, dulur!
monggo mampir di kotagandrung.com, komunitas blogger banyuwangi

Unknown mengatakan...

oke oke oke ,, ,, ,,
acyik nich da tmpt wt kmpul"
:-)

uchiha iqbal mengatakan...

kakak, gimana caranya kalau mau masukin gambar dan anchor text di launcher?

Posting Komentar