P0sT3d bY
Unknown on
Selasa, 31 Agustus 2010
| 0
C0Mm3nTs
Dalampergaulan, Oesman Effendi sangatdikenaldiantararekan-rekansenimansebagaitokoh yang kontroversialpandangannyamengenaikebudayaanpadaumumnya, dansenirupaIndonesiapadakhususnya.
Pandangansertapernyataannya yang berani, tentangkeberadaansenilukis Indonesia yang menurutnyatidakadaataubelumada, dilontarkanpadatahun 1970, padasuatudiskusiterbatasdisebuahlembagakebudayaanasing (AmerikaSerikat), di Jakarta. PernyataanOesman Effendi itumenimbulkanberbagaireaksipadakelompokbudayawanmaupunseniman yang merasatersinggung, seakan-akanseluruhperjuanganseni yang selamaitumerekalakukandiabaikanbegitusaja. SikapOesman Effendi yang kontroversialmengenaikesenianinitidakberubahsampaiakhirhayatnya.
Oesman Effendi lahirdiPadang, SumateraBaratpadatanggal 28 Desember 1919, belajarmelukissecaraotodidak. Pernahmemenangkanlombamenciptalambang/logo perpustakaan EXLIBRIS untukBataviascheKunstringpadatahun 1938, mencipta logo BMKN (BadanMusyawarahKebudayaanNasional) tahun 1950, logo DewanKesenian Jakarta danPusatKesenian Jakarta danmerupakansalahseorangpendiriPusatKesenian Jakarta TamanIsmailMarzukidanmesjidAmirHamzahdikompleksTamanIsmailMarzuki.
PernahmenjadidosenAkademiSeniRupa LPKJ (IKJ) hinggatahun 1972. Sejakituiamenetapdi Kota GadangBukitTinggi. Karya-karyamasterpiece Oesman Effendi adalahkaryahitam-putih yang dalambentukkumpulankaryahitamputih. Aliranlukisannyaabstrakkonstruktif. Kecenderungan/trend lukisansekarang yang sedangtumbuhadalahmengacukepadasenirupa universal, dimana bahasa visual menjadi tuntutan bagi seluruh seni-rupawan untuk mengembangkan nilai-nilai tradisional/etnis kepada nilai international/universal.
Oesman Effendi wafatpadatanggal 28 Maret 1985 karenamenderitapenyakitkankerhatidandimakamkandipemakamanKaret Jakarta.
0 C0Mm3nTs:
Posting Komentar